Kubu Jokowi-JK Siapkan Saksi Luar Dalam

Kubu Jokowi-JK Siapkan Saksi Luar Dalam
Kubu Jokowi-JK Siapkan Saksi Luar Dalam

jpnn.com - JAKARTA - Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla siap menggerakkan, mengorganisir dan mengkonsolidasikan seluruh saksi pada pemilihan presiden 9 Juli 2014 nanti. Tim sudah melakukan rekruitmen dan seleksi serta pelatihan terhadap saksi di setiap jenjang.

"Ada saksi dari partai, ada dari relawan," kata Ketua Tim Pemenangan Tjahjo Kumolo, dalam jumpa pers terkait kasiapan saksi Tim Pemenangan Jokowi-JK di Jakarta, Minggu (29/6).

Menurutnya, para saksi itu akan mengawal pengamanan suara dalam rangka memastikan pilpres 2014 berlangsung langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,

Djarot S. Hidayat, yang juga tergabung dalam tim pemenangan Jokowi-JK mengatakan, saksi menjadi faktor kunci  kemenangan pasangan Jokowi-JK. Menurut Djarot, Tim sudah menyiapkan saksi dalam sebanyak 1.135.989 orang, dan saksi luar TPS yang terdata dalam database sejumlah 2.439.200. Menurutnya, saksi dalam itu sebagian besar berasal dari partai.

Menurut Djarot, selain mengamankan proses pemungutan, penghitungan, rekapitulasi suara,  saksi-saksi itu digerakkan sebagai motor penggerak pemilih di masing-masing lokasi.

Ia menegaskan, saksi juga akan ditugaskan untuk mengantisipasi kampanye busuk. "Apalagi ini Bulan Ramadhan, kampanye busuk tidak boleh dilawan dengan kampanye busuk," ujar Djarot dalam kesempatan itu.

Kemudian, Djarot menambahkan, para saksi itu juga ditugaskan untuk mengantisipasi terjadinya politik uang. Bahkan, menyadarkan masyarakat untuk menggunakan hak pilih. "Kita ingin bantu penyelenggara pemilu, supaya pilpres berjalan jujur adil, langsung, umum, bebas dan rahasia," katanya. (boy/jpnn)

JAKARTA - Tim Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla siap menggerakkan, mengorganisir dan mengkonsolidasikan seluruh saksi pada pemilihan presiden


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News