Kuenya Bikin Penasaran Oprah Winfrey hingga Celine Dion

Kuenya Bikin Penasaran Oprah Winfrey hingga Celine Dion
MAKIN BESAR: Handi Mulyana dengan salah satu karya dekorasi kuenya. F-Handi Mulyana For Jawa Pos

jpnn.com - Berkat kerja keras dan ketekunannya, Handi Mulyana kini dikenal dunia internasional sebagai cake decorator. Pria asal Cianjur, Jawa Barat, yang bermukim di Sydney, Australia, itu pernah melayani pesanan kue para selebriti dunia. Antara lain, Nicole Kidman, Celine Dion, Rihanna, Oprah Winfrey, dan yang terbaru Khloe Kardashian. 

NORA SAMPURNA, Jakarta 

"Saya menemukan passion terhadap kue pada umur 13 tahun. Sejak itu saya tahu apa yang benar-benar ingin saya pelajari," ujar Handi Mulyana saat dihubungi lewat sambungan telepon internasional, Rabu (4/12).

Nama Handi di dunia kuliner Australia cukup dikenal. Selain memiliki studio kue untuk melayani pesanan klien, pria kelahiran 28 Oktober 1975 tersebut familier bagi penggemar kompetisi Master Chef Australia. Ya, berkat kehebatannya membuat dan mendekorasi kue, Handi pernah dipercaya menjadi juri tamu kompetisi masak bergengsi itu.

Ketertarikan Handi berawal saat mengunjungi rumah tantenya. Ketika itu sang tante sedang menghias kue dengan butter cream. Handi hanya memperhatikan apa yang dilakukan tantenya. Di rumah, dia lantas mempraktikkannya.

Handi sebenarnya mengenal baking sejak kecil. Orang tuanya memiliki toko kue Tan Keng Cu Bakery di Cianjur. Kakek-nenek, om-tante, dan anggota keluarga yang lain menekuni bidang yang sama. Tetapi, yang lebih menarik minat Handi adalah seni dekorasi kue. Tidak sekadar membuat kue-kue lezat yang memanjakan lidah, tetapi juga memanjakan mata karena hiasannya.

Melihat bakat Handi, orang tuanya menyarankan agar anak kedua di antara lima bersaudara itu mengambil kursus masak di Bandung. Maka, pada suatu liburan sekolah (saat itu usianya masih 13 tahun), Handi mengisinya dengan belajar membuat kue. Setelah itu, dia semakin jatuh cinta pada bidang masak-memasak kue. Hari-hari bermainnya lebih banyak tercurah di dapur rumah.

Setamat SMP di Cianjur, Handi melanjutkan SMA di Bandung. Saat di Bandung itulah dia mulai mempraktikkan ilmunya membuat kue untuk teman-teman sekolah. "Pokoknya, kalau ada teman yang ulang tahun, saya yang bikin kuenya," kenang dia.

Berkat kerja keras dan ketekunannya, Handi Mulyana kini dikenal dunia internasional sebagai cake decorator. Pria asal Cianjur, Jawa Barat, yang bermukim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News