Kunjungi Pesantren, Jokowi Sebar Foto Naik Haji

Kunjungi Pesantren, Jokowi Sebar Foto Naik Haji
Selebaran dengan dua foto saat Jokowi naik haji pada 2003 dan saat umroh bersama keluarga pada 2012 silam. Foto: Muhammad Adil/JPNN

jpnn.com - TASIKMALAYA - Sebuah selebaran berisi dua buah foto Joko Widodo tengah menunaikan ibadah haji beredar di Pondok Pesantren Bustanul Ulum, Tasikmalaya. Selebaran diedarkan bersamaan dengan kedatangan calon presiden yang dikenal dengan sapaan Jokowi itu di Ponpes Bustanul Ulum.

"Tadi timnya pak Jokowi yang kasih. Barusan," kata salah seorang warga saat ditemui di lokasi, Kamis (12/6).

Foto pertama diambil saat Jokowi pergi haji tahun 2003 lalu. Dalam foto itu, Jokowi yang mengenakan pakaian ikhram duduk bersama sejumlah jemaah haji lainnya di dalam sebuah tenda. Terlihat juga ada penyanyi Tantowi Yahya yang kini menjadi Juru Bicara Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Sementara foto kedua memperlihatkan Jokowi bersama istri dan kedua anaknya di Masjidil Haram, Mekah. Foto tersebut diambil saat mereka menunaikan umroh tahun 2012 lalu.

Penyebaran foto-foto tersebut merupakan upaya untuk menepis rumor bahwa calon presiden usungan PDI Perjuangan, PKB, PKPI, NasDem dan Hanura itu bukan muslim. Seperti diketahui, beredar kabar di tengah masyarakat bahwa Jokowi adalah seorang nonmuslim.

Saat berbicara di Pesantren Bustanil Ulum, Jokowi juga sempat menyinggung  tentang kampanye hitam terkait agamanya. Ia menegaskan bahwa berbagai isu yang mempertanyakan keislamannya adalah fitnah.

"Masa H di depan nama saya dibilang Herbertus? Saya sebenarnya tidak mau bilang ini, karena nanti saya takut dibilang riya (pamer). Saya sampaikan saya sudah haji tahun 2003 lalu. Kok, masih diserang fitnah kaya gini," ungkapnya. (dil/jpnn)

TASIKMALAYA - Sebuah selebaran berisi dua buah foto Joko Widodo tengah menunaikan ibadah haji beredar di Pondok Pesantren Bustanul Ulum, Tasikmalaya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News