Kuota BBM Subsidi Terancam Jebol

Kuota BBM Subsidi Terancam Jebol
Kuota BBM Subsidi Terancam Jebol
JAKARTA – Tingginya konsumsi BBM bersubsidi terus memicu kekhawatiran. Bahkan, setelah pemerintah dan DPR bersepakat menambah kuota dalam APBNP 2011, konsumsi BBM bersubsidi diprediksi masih bakal jebol.

Anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Adi Subagyo Subono menyatakan, jika konsumsi tinggi tidak dikendalikan, kuota BBM bersubsidi yang ditetapkan 40,49 juta kiloliter (kl) bakal jebol. ’’Realisasinya bisa tembus 41,80 juta kl,’’ ujarnya, Senin (5/9).

Sebagaimana diwartakan, kuota BBM bersubsidi dalam APBN 2011 yang awalnya dipatok 38,59 juta kl akhirnya ditambah menjadi 40,49 juta kl pada APBNP 2011. Penambahan itu ditujukan untuk mengantisipasi tren konsumsi BBM bersubsidi yang terus merangkak naik.

Menurut Adi, saat ini, nasib kuota BBM bersubsidi bergantung pada keputusan pemerintah. Apakah akan memberlakukan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi mulai triwulan IV (Oktober) tahun ini atau tidak. ’’Jika tidak dilakukan pembatasan, konsumsi premium dan solar akan melampaui kuota,’’ tegasnya.

JAKARTA – Tingginya konsumsi BBM bersubsidi terus memicu kekhawatiran. Bahkan, setelah pemerintah dan DPR bersepakat menambah kuota dalam APBNP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News