Kupang Terkorup, Jogja Terbersih

Kupang Terkorup, Jogja Terbersih
Kupang Terkorup, Jogja Terbersih
JAKARTA- Para pelaku bisnis menilai Kupang sebagai kota terkorup di Indonesia, sebaliknya Sultan Hamengkubuwono X bisa berbangga sebab kotanya dinilai paling bersih korupsi. Penilaian ini muncul dari hasil survei Indeks Persepsi Korupsi Indonesia (IPK), terhadap 3.841 responden dari 50 kota yang dilakukan Transparency International Indonesia (TII) selama September sampai Desember 2008. Kupang dengan skors IPK terendah 2,97, menyusul kemudian Tegal (3,32), Manokwari (3,39), Kendari (3,43), dan Purwokerto (3,54).

Menurut Frenky Simanjuntak, Manajer Riset dan Kebijakan TII, Rabu (21/1), hasil survei menunjukkan bahwa para pebisnis menilai korupsi masih dianggap lazim terjadi di jajaran pemerintah daerah ber-IPK rendah itu. Mereka juga dinilai tak serius dalam memberantas korupsi.

Dari hasil pengamatan TII,  Kupang dijadikan kota terkorup karena banyak pejabat dan anggota DPRD-nya terbelit korupsi. Yogya menjadi kota terbersih, lanjut Frenky, karena sejak 2006 telah membentuk Dinas Perizinan yang berujung pada diraihnya penghargaan Citra Pelayanan Prima 2008. (pra/jpnn)

JAKARTA- Para pelaku bisnis menilai Kupang sebagai kota terkorup di Indonesia, sebaliknya Sultan Hamengkubuwono X bisa berbangga sebab kotanya dinilai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News