Lagu Adele, Bob Dylan, Hingga Green Day Tak Bisa Diputar di YouTube

Lagu Adele, Bob Dylan, Hingga Green Day Tak Bisa Diputar di YouTube
Ilustrasi Youtube. Foto: pixabay

jpnn.com - Lagu milik Adele, Green Day, Bob Dylan, R.E.M, dan sejumlah musisi lain di YouTube, saat ini tidak bisa diputar.

Pemblokiran lagu-lagu itu terjadi untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat (AS).

Pemblokiran itu karena masalah hukum antara platform berbagi video tersebut dengan SESAC - organisasi yang mengumpulkan dan mendistribusikan royalti bagi penulis lagu dan penerbit musik.

Meski tidak semuanya, tetapi banyak lagu dari musisi-musisi tersebut yang ketika hendak diputar di YouTube muncul peringatan berbunyi "Video ini berisi konten dari SESAC. Video ini tidak tersedia di negara Anda."

Perwakilan YouTube dalam pernyataannya kepada Variety menyampaikan bahwa perusahaan telah melakukan negosiasi dengan iktikad baik kepada SESAC untuk memperbarui perjanjian, tetapi tidak dapat mencapai kesepakatan yang adil sebelum perjanjian berakhir.

"Kami menganggap hak cipta sebagai hal yang sangat serius dan sebagai hasilnya, konten yang diwakili oleh SESAC tidak lagi tersedia di YouTube di Amerika Serikat. Kami sedang dalam pembicaraan aktif dengan SESAC, dan berharap dapat mencapai kesepakatan baru sesegera mungkin," kata perwakilan YouTube.

YouTube juga menyampaikan pernyataan tentang pemblokiran pemutaran lagu tertentu di Amerika Serikat, melalui akun X resminya.

"Perjanjian lisensi musik kami dengan SESAC telah berakhir tanpa kesepakatan mengenai ketentuan pembaruan, meskipun kami telah berupaya sebaik mungkin. Atas alasan ini, kami telah memblokir konten di YouTube di AS yang diketahui terkait dengan SESAC sesuai dengan hukum hak cipta," demikian pernyataan YouTube.

Lagu milik Adele, Green Day, Bob Dylan, R.E.M, dan sejumlah musisi lain di YouTube, saat ini tidak bisa diputar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News