Laporan Akhir Tahun Kompolnas Terlambat

Laporan Akhir Tahun Kompolnas Terlambat
Laporan Akhir Tahun Kompolnas Terlambat
JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) belum juga melansir laporan akhir tahunnya terkait instansi dan fungsi kepolisian yang paling dikeluhkan masyarakat. Ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena komisi yang diketuai secara ex officio oleh Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Widodo A.S. itu selalu melansirnya di penghujung tahun. Faktor konfirmasi pada polisi menjadi salah satu penyebabnya.

”Beberapa pengaduan yang kita teruskan ke pihak kepolisian belum mendapat konfirmasi. Jadi, kita tunggu saja. Mungkin minggu depan sudah bisa kita lansir,” kata anggota Kompolnas Adnan Pandupraja di Jakarta, Selasa (6/1). Selain itu, kesibukan menjelang akhir tahun para anggota Kompolnas menjadi alasan lain mengapa laporan akhir tahun itu belum juga dilaporkan ke publik. ”Kita inginnya lengkap,” imbuhnya.

Laporan akhir 2007 lalu menempatkan Polda Metro Jaya sebagai polda yang paling dikeluhkan. Sedangkan fungsi kepolisian yang paling banyak dikeluhkan berada di Direktorat Reskrim dan Lalu Lintas. Apakah posisinya juga akan sama pada 2008 ini? ”Belum direkap semua, Mas,” kilah master of laws University of Technology Sidney, Australia itu. Namun, Adnan menjelaskan, kalaupun Polda Metro Jaya kembali menjadi kampiun, itu bukan berarti polda yang dipimpin Irjen Pol Wahyono tersebut bermasalah.

Ini bisa terjadi karena kepedulian masyarakat Jakarta yang lebih tinggi dibanding masyarakat provinsi lain. ”Mungkin karena letak kantor Kompolnas di Jakarta,” sambungnya. Cara pandang yang sama, menurut Adnan, juga bisa dilakukan saat membaca laporan akhir tahun Komisi Ombudsman Nasional yang pada 2008 mencatat jika polisi lebih dikeluhkan dibanding jaksa. ”Ya, terang saja karena jumlah polisi lebih banyak dibanding jaksa,” lanjutnya.

JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) belum juga melansir laporan akhir tahunnya terkait instansi dan fungsi kepolisian yang paling dikeluhkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News