Laut Tercemar, Nelayan Terancam Kehilangan Pencaharian

Laut Tercemar, Nelayan Terancam Kehilangan Pencaharian
Laut Tercemar, Nelayan Terancam Kehilangan Pencaharian
LASUSUA - Sedikitnya 82 kepala keluarga (KK) yang merupakan nelayan di Desa Lawat Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)  resah. mereka terancam kehilangan mata pencaharian sebagai nelayan dan petani rumput laut, akibat air laut yang tercemar lumpur dari aktivitas tambang.

Kepala Desa Lawata, Arkan yang ditemui Radar Kolaka (JPNN Grup) mengaku 82 nelayan Lawata yang selama ini menggantungkan hidup dari membudidayakan rumput laut dan keramba ikan kerapu saat ini mengalami penurunan pendapatan hingga 50 persen. Dari yang dulunya nelayan bisa mendapatkan hasil rata-rata Rp 1 juta perbulan, kini tinggal berkisar Rp 400 hingga Rp 500 ribu perbulannya.

  

’’Penyebabnya karena laut yang selama ini mereka gunakan untuk membudidayakan rumput laut dan ikan kerapu tercemar lumpur tambang yang berwarna merah,’’ terang Arkan.

  

Arkan menambahkan, permasalahan ini sudah pernah dilaporkan ke Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud namun sejauh ini tidak mendapat tanggapan.

LASUSUA - Sedikitnya 82 kepala keluarga (KK) yang merupakan nelayan di Desa Lawat Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News