Lawan MU, Jalan Berat Liverpool untuk Merapat

Lawan MU, Jalan Berat Liverpool untuk Merapat
Luis Suarez. FOTO: getty images

jpnn.com - MANCHESTER - Liverpool sempat menempel ketat posisi Chelsea di puncak klasemen sementara Premier League. Namun, seiring kemenangan 2-0 yang dibukukan Manchester City di kandang Hull City tadi malam, The Reds -julukan Liverpool- harus turun posisi. City kini nangkring di peringkat kedua, sedangkan Liverpool berada di posisi ketiga.

Nah, peluang Steven Gerrard dkk untuk kem­bali merapat di belakang Chelsea cukup berat. Sebab, malam nanti mereka harus melawat ke Old Trafford untuk menghadapi Manchester United (tayangan langsung Bein Sports 3 pukul 20.30 WIB).

Memang, saat ini posisi Liverpool lebih tinggi ketimbang United. Untuk kali pertama dalam satu dekade terakhir, selisih poin Liverpool juga bisa jauhmeninggalkan United. Liverpool telah mengemas 59 poin atau unggul sembilan poin atas United.

Tapi, gengsi dan tradisi tidak pernah melihat posisi. Laga malam nanti diprediksi tetap berlangsung ketat. Sebab, kedua tim memang memiliki sejarah rivalitas yang panjang di Inggris. Sepanjang pertemuan di Premier League, duel United versus Liverpool sudah menghasilkan 14 kartu merah. Jumlah itu hanya kalah oleh Derby Merseyside yang mempertemukan Liverpool dan Everton (20 kartu merah).

Posisi United di bawah Liverpool memang menjadi hal yang langka. Kali terakhir Liverpool berada di atas menjelang tandang ke Old Trafford terjadi pada September 2004. Jika itu mengacu pada pertandingan setelah Natal, waktunya justru lebih lama lagi, yaitu Februari 1991.

Fakta tersebut membuat Manajer Liverpool Brendan Rodgers lebih percaya diri. ''Kami lebih baik musim ini,'' tegasnya kepada Daily Mail. ''Liverpool memiliki sejarah besarnya sendiri, baik secara domestik maupun Eropa. Jadi, bagi kami, acuan ini adalah yang terbaik. Dan kami akan terus mempertahankannya,'' imbuhnya.

''Liverpool sudah melakukan semuanya musim ini. Hingga pada satu titik, kami siap mengalahkan mereka,'' ujar mantan pelatih Swansea City itu.
Liverpool siap tempur dalam laga ini. Seluruh pemain intinya berada dalam kondisi fit. Hal sama terjadi di kubu United. Bek kanan asal Brasil Rafael sudah siap mengisi starting line-up setelah sembuh dari cedera engkel.

Namun, David Moyes harus piawai melakukan rotasi. Sebab, tugas berat berikutnya sudah menanti. Di mana, mereka akan menjamu Olympiacos pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (19/3). (nur/c17/bas)

MANCHESTER - Liverpool sempat menempel ketat posisi Chelsea di puncak klasemen sementara Premier League. Namun, seiring kemenangan 2-0 yang dibukukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News