Layani Uang Pecahan, BI Kerahkan Mobil Keliling

Layani Uang Pecahan, BI Kerahkan Mobil Keliling
Layani Uang Pecahan, BI Kerahkan Mobil Keliling
JAKARTA - Menghadapi lonjakan kebutuhan uang pecahan pada bulan Ramadhan dan menghadapi Lebaran Bank Indonesia akan mengerahkan tujuh unit mobil kas penukaran uang recehan. Kepala Biro Humas BI, Difi Johansah tujuh unit mobil kas itu akan berkeliling ke tempat pusat keramaian di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

"Terutama di pasar dan pusat-pusat perbelanjaan, stasiun kereta api, terminal bus maupun terminal angkutan umum lainnya," kata Difi. Untuk Kamis (11/8) hari ini, mobil kas penukaran uang BI akan mangkal di ITC Depok, Pasar Pagi Asemka, ITC Roxy Mas, IRTI MOnas,  dan di lima stasiun besar di Jakarta, masing-masing Gambir, Senen, Tanah Abang, Jatinegara, dan Stasiun Kota. Mobil keliling Bank Indonesia ini akan melayani nasabah mulai pukul 10.00 hingga pukul 14.00 WIB.

Seperti diketahui, pada menjelang lebara animo masayarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menukarkan uang recehan kecil meningkat. Kebutuhan ini, selain untuk zakat, infaq tetapi juga untuk memenuhi tradisi lebaran, memberikan kepada saudara maupun keponakan.

Menurut Difi, saat ini permintaan masyarakat akan uang pecahan Rp 10 ribuan yang baru juga cukup tinggi. "Uang pecahan berdesain baru itu, kini juga banyak dicari orang," ujarnya. Selain mengandalkan tujuh unit mobil kas keliling, sejumlah bank juga dipastikan akan menambah persediaan uang tunainya. Seperti Bank BCA yang setiap bulannya menyediakan dana Rp 4 Triliun per bulannya, khusus untuk bulan Ramadhan ini akan meningkatkan persediaan uang tunainya menjadi Rp. 10 Triliun.

JAKARTA - Menghadapi lonjakan kebutuhan uang pecahan pada bulan Ramadhan dan menghadapi Lebaran Bank Indonesia akan mengerahkan tujuh unit mobil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News