Lebaran Haji di Poso Lengang

Lebaran Haji di Poso Lengang
Lebaran Haji di Poso Lengang
POSO -  Perayaan hari raya idul adha 1433 hijiriah di Poso, Jumat (26/10), berlangsung sepi dan lengang. Tak seperti lebaran idul adha sebelumnya, di lebaran haji kali ini masyarakat lebih memilih berdiam diri di rumah masing-masing setelah salat id. Nyaris tak terlihat adanya saling pesiaran bersilaturahmi dari satu rumah warga ke rumah warga lain.

“Beda lea. Sunyi sekali lebaran idul adha ini,” ujar Bandi, warga Poso Kota usai salat id di lapangan Sintuwu Maroso, Jumat (26/10).

Pantauan Radar Sulteng, suasana lengang idul adha sudah tampak di malam takbiran. Dimana pada malam takbiran itu, tidak ada satu kendaraan pun, baik sepeda motor maupun mobil yang turun di jalan raya untuk pawai takbir. Padahal di momen lebaran sebelumnya (idul fitri dan idul adha), jalanan di kota Poso dan sekitarnya penuh sesak dengan ribuan kendaraan dan masyarakat yang bersuka cita dalam pawai takbir malam lebaran.

Informasi yang diperoleh dari sejumlam tokoh agama muslim di Poso, bahwa pawai takbir idul adha tahun ini tidak dilaksanakan Pengurus Tetap Hari Besar Islam (PTHBI) Kabupaten Poso, karena tak diizinkan oleh pihak kepolisian. “Mungkin terkait kondisi Poso terkini, sehingga kepolisian tak mengizinkan dilaksanakannya pawai takbir,” kata Rusli, tokoh pemuda Poso Kota. 

POSO -  Perayaan hari raya idul adha 1433 hijiriah di Poso, Jumat (26/10), berlangsung sepi dan lengang. Tak seperti lebaran idul adha sebelumnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News