Lestari Moerdijat MPR Dorong Investasi Pengembangan Produk Pariwisata Berkelanjutan

Lestari Moerdijat MPR Dorong Investasi Pengembangan Produk Pariwisata Berkelanjutan
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyoroti investasi di sektor pariwisata yang hanya terkosentrasi pada hotel berbintang, restoran, kafe, dan pusat kebugaran. Foto:Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyoroti investasi di sektor pariwisata yang hanya terkosentrasi pada hotel berbintang, restoran, kafe, dan pusat kebugaran.

Dia pun mendorong pengembangan produk pariwisata berkelanjutan berbasis masyarakat yang inklusif harus menjadi perhatian bersama agar konsisten direalisasikan.

Hal itu tersebut ditekankan lantaran dia menilai sektor pariwisata berpotensi mendorong pertumbungan ekonomi yang lebih baik, terutama dalam meningkatkan pemerataan pembangunan melalui tumbuhnya kawasan wisata di berbagai daerah yang mampu mengangkat perekonomian masyarakat lokal.

"Sektor pariwisata yang mulai menggeliat dan menarik perhatian investor harus diarahkan ke sejumlah pengembangan produk pariwisata berkelanjutan dan berbasis masyarakat yang inklusif dalam proses pembangunan pariwisata nasional yang lebih baik," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/7).

Sesuai data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2023, realisasi investasi di sektor pariwisata Indonesia mencapai sebesar USD 3.604 juta atau sekitar Rp 58,64 triliun.

Adapun 80 persen dari investasi tersebut hanya terkonsentrasi pada hotel berbintang, restoran, kafe, dan pusat kebugaran.

Sementara itu, realisasi investasi sektor pariwisata kuartal I 2024 baru mencapai USD 943,40 juta (Rp15,35 triliun) dari target USD 3 ribu juta (Rp 48,91 triliun).

Tiga sektor bisnis yang paling banyak menerima investasi asing langsung (FDI) selama kuartal tersebut adalah hotel berbintang, restoran, dan hotel apartemen.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyoroti investasi di sektor pariwisata yang hanya terkosentrasi pada hotel berbintang, restoran, kafe, dan pusat kebugaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News