Lewat Edukasi Kreatif, Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Jakarta Ajak Masyarakat Aktif Peduli Sampah

Lewat Edukasi Kreatif, Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Jakarta Ajak Masyarakat Aktif Peduli Sampah
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui Integrated Terminal Jakarta (ITJ) turut berperan aktif dalam Festival Ciliwung 2024. Foto dok Pertamina Patra Niaga Regional JBB

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui Integrated Terminal Jakarta (ITJ) turut berperan aktif dalam Festival Ciliwung 2024, yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kegiatan ini menjadikan momentum penting upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah dengan tema Edukasi Kreatif Peduli Sampah.

ITJ menghadirkan forum edukasi yang dirancang untuk menarik perhatian dan memotivasi masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), terutama poin 11 mengenai Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, poin 12 terkait Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, dan poin 15 tentang Ekosistem Daratan.

Festival Ciliwung 2024 juga merupakan hasil kerja sama strategis antara Pertamina Persero dan KLHK, yang melibatkan berbagai stakeholder penting seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, Yayasan Sahabat Ciliwung, serta sekolah-Sekolah Menengah Pertama (SMP) setempat.

Acara ini juga dimeriahkan oleh tiga rangkaian kegiatan utama meliputi Edukasi Water Rescue pada 10 Agustus yang fokus pada teknik penyelamatan terkait air, Edukasi Peduli Sampah pada 16 Agustus yang mengajarkan cara pemilahan sampah, dan Arung Edukasi pada 18 Agustus yang menggabungkan edukasi dengan arung jeram.

Kegiatan ini diperkuat dengan sesi kuis interaktif yang memberikan hadiah menarik, menjadikan pengalaman edukasi ini tidak hanya informatif tetapi juga menyenangkan.

Komitmen untuk melaksanakan inisiatif ini tidak hanya terbatas pada acara festival yang mana terbukti ITJ juga merencanakan program lanjutan meliputi workshop dan seminar di sekolah-sekolah dan komunitas lokal, dengan tujuan untuk memperluas jangkauan edukasi dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Festival Ciliwung 2024 juga merupakan hasil kerja sama strategis antara Pertamina Persero dan KLHK, yang melibatkan berbagai stakeholder penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News