Lewat Pertamina Grand Prix of Indonesia, 2 UMKM Ini Tembus Pasar Internasional

Lewat Pertamina Grand Prix of Indonesia, 2 UMKM Ini Tembus Pasar Internasional
Bergabungnya Kelapa Idea menjadi mitra binaan Pertamina mengantarkan produknya hingga menembus pasar luar negeri, seperti Korea Selatan dan Malaysia. Foto dok Pertamina

jpnn.com, LOMBOK - Sebanyak 60 kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapatkan kesempatan untuk hadir di ajang balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024.

Kelompok Usaha tersebut tergabung dalam Rumah BUMN Lombok Timur yang merupakan mitra binaan Pertamina.

Nantinya mitra binaan tersebut akan menyediakan souvenir serta produk makanan dan minuman bagi para pengunjung di kawasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Salah satunya, D'etnick Istana Mutiara Lombok yang menjajakan souvenir yang menjadi incaran wisatawan.

Janual Aidi, sang pemilik mengatakan ini merupakan tahun kedua ia berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Tahun lalu kami mendapatkan sekitar Rp 200 juta dalam tiga hari kegiatan berlangsung. Tak hanya itu, kami mendapatkan jaringan usaha yang luas dari beberapa pengunjung mancanegara yang hadir," ungkap Janual di Rumah BUMN Lombok Timur.

Baginya, kesempatan yang diberikan Pertamina merupakan berkah untuk keberlangsungan usaha yang dimilikinya.

"Saya berharap gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 menjadikan kami pengusaha yang tangguh dan memiliki jaringan yang lebih luas lagi," ujarnya.

Mitra binaan Pertamina akan menyediakan souvenir serta produk makanan dan minuman bagi para pengunjung di kawasan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News