Lewat Webinar, Kemenkominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Pinjaman Online

Lewat Webinar, Kemenkominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Pinjaman Online
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Komunitas Pemerhati Pengawas Pemilu Kabupaten Karawang menyelenggarakan webinar bertajuk 'Waspada Terhadap Pinjaman Online', Sabtu (19/10). Foto: Dokumentasi Kemenkominfo

jpnn.com, KARAWANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Komunitas Pemerhati Pengawas Pemilu Kabupaten Karawang menyelenggarakan webinar bertajuk 'Waspada Terhadap Pinjaman Online'.

Misi utama dari kegiatan yang diselenggarakan pada Sabtu (19/10) secara virtual yang diikuti lebih 100 peserta itu adalah meningkatkan literasi digital masyarakat agar semakin bijak di dunia maya.

Kegiatan ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat pada menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Melalui sesi ini, Kemenkominfo menyoroti ancaman di balik perkembangan teknologi, terutama maraknya pinjaman online yang menjerat masyarakat.

Webinar ini tidak hanya menyentuh aspek teknis, tetapi juga menggugah kesadaran etika dan keamanan digital.

Berdasarkan hasil survei, seiring perkembangan internet, hampir seluruh masyarakat memiliki akses yang mudah terhadap internet dan berbagai informasi.

Hal ini dibuktikan survei APJII tahun 2023 bahwa pengguna internet di Indonesia telah mencapai 215,62 juta pengguna aktif atau sekitar 78,19 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

Di saat yang bersamaan, pertumbuhan pengguna yang masif ini membuka ruang yang lebih luas untuk meningkatnya penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan internet.

Kemenkominfo menyoroti ancaman di balik perkembangan teknologi, terutama maraknya pinjaman online yang menjerat masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News