Lima Tips Bagi Orang Tua Yang Membesarkan Anak Dalam Dua Bahasa

Lima Tips Bagi Orang Tua Yang Membesarkan Anak Dalam Dua Bahasa
Lima Tips Bagi Orang Tua Yang Membesarkan Anak Dalam Dua Bahasa

Apakah berkomunikasi dengan anak dalam lebih dari satu bahasa, akan membuat mereka mengalami kesulitan belajar? Menurut seorang pakar dalam masalah bahasa, Marc Antonio dari Western Sydney University ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu mereka untuk tidak mengalami kesulitan dan bisa menguasai dua bahasa dengan baik.

Dalam masa pertumbuhan, ketika seorang anak berusia dua tahun, mereka sudah bisa mengetahui ratusan kata. Anak saya Alexander bisa mengerti hampir semuanya dalam dua bahasa, Yunani dan Inggris, namun hanya bisa mengucapkan enam kata saja.

Kami mulai khawatir setelah melihat anak-anak lain lebih cepat berbicara dibanding Alex. Sama seperti banyak orang tua lainnya, kami juga bertanya-tanya, apakah pendekatan yang kami lakukan salah.

Ada berbagai mitos yang selama ini menyelimuti masalah penguasaan dwibahasa (bilingual) seperti misalnya menyebabkan tertundanya penguasaan percakapan atau mempengaruhi kemampuan kognitif.

Lima Tips Bagi Orang Tua Yang Membesarkan Anak Dalam Dua Bahasa
Penelitian menunjukkan bahwa mengajar anak lebih dari satu bahasa sejak kecil tidak menyebabkan kesulitan dalam berbahasa. (ABC Licensed)

Namun penelitian menunjukkan bahwa mengajarkan anak lebih dari satu bahasa sejak lahir, tidak menyebabkan kesulitan bahasa. Adanya penundaan dalam kemampuan berbahasa hanya bersifat sementara, jadi para orang tua jangan terlalu khawatir.

Berikut beberapa mitos yang tidak benar.

Mengajar anak lebih dari satu bahasa menyebabkan keterlambatan dalam perkembangan

 

Apakah berkomunikasi dengan anak dalam lebih dari satu bahasa, akan membuat mereka mengalami kesulitan belajar? Menurut seorang pakar dalam masalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News