Limbah Sawit untuk Biomas Pengganti BBM

PLN Kerja Sama dengan Bio Energy Prima

Limbah Sawit untuk Biomas Pengganti BBM
Limbah Sawit untuk Biomas Pengganti BBM
JAKARTA – PT PLN mulai memanfaatkan biomas dan biogas yang berasal dari limbah sawit sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM) di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Tahap awal, penggunaan kedua energi terbarukan tersebut diujicobakan di PLTD Sorek, Kabupaten Pelalawan, Riau. Biomas berasal dari tandan sawit yang dihancurkan lalu dibakar. Hasil pembakaran menjadi biomas. Sedangkan biogas adalah limbah cair hasil sawit.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau Djoko Raharjdo Abumanan mengatakan, PLN telah menjalin kerja sama dengan PT Bio Energy Prima untuk pemanfaatan biomas dan biogas. Nantinya, Bio Energy Prima akan melakukan uji coba unit gasifikasi untuk mempelajari pemanfaatan synthetic natural gas (syngas) sebagai bahan bakar di PLTD. Syngas merupakan biomas yang telah melewati proses gasifikasi.

"Syngas yang dihasilkan dari unit gasifikasi tersebut diharapkan mempunyai kualitas dan kuantitas yang baik sehingga mampu menjadi pengganti bahan bakar minyak. Untuk uji coba ini,  PLN telah menyiapkan sebuah PLTD berkapasitas 250 kilowatt (Kw)," ungkap Djoko usai penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Bio Energy Prima di Jakarta, Senin (13/2).

Menurut Djoko, uji coba syngas dilakukan selama 2 bulan dengan jam operasi minimum 24 jam. Hasil uji coba dan kajian ini akan dilanjutkan dengan perjanjian komersial pemanfaatan syngas sebagai bahan bakar pengganti minyak pada pembangkit PLN. Termasuk proses pembelajaran dan pemanfaatan syngas sebagai energi alternatif untuk PLTD."Di Riau banyak kebun sawit. Tentunya banyak biomas dan biogas. Nanti biomas dan biogas akan untuk menggerakkan dan menghasilkan listrik," ujar Djoko.

JAKARTA – PT PLN mulai memanfaatkan biomas dan biogas yang berasal dari limbah sawit sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM) di Pembangkit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News