Lingkaran Istana Anggap AM Figur Ideal

Sebagai Ketua Umum Partai Demokrat

Lingkaran Istana Anggap AM Figur Ideal
Andi Mallarangeng. Foto : Dokumen JPNN
JAKARTA - Munculnya Andi Mallarangeng (AM) sebagai kandidat Ketua Umum Partai Demokrat diharapkan semakin mempercepat modernisasi di tubuh partai yang dibidani Susilo Bambang Yudhoyono itu. Dalam beberapa hal, Andi Mallarangeng dianggap memiliki keunggulan dibanding calon ketua umum lainnya.

Penilaian itu disampaikan asisten staf khusus bidang politik Istana Kepresidenan, Zaenal Budiyono, Rabu (31/3) malam. Menurut Zaenal, SBY selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokat telah memberikan arahan agar PD dapat mempercepat lengkah menuju partai modern. "Modern dalam konteks ini adalah partai yang memiliki manajemen organisasi yang baik, terbuka, transparan dan berintegritas. Dalam konteks tersebut, nama AM relatif lebih unggul dibandingkan calon lain," ujar Zaenal.

Zaenal menambahkan, keunggulan yang dimiliki Andi karena mantan juru bicara kepresidenan itu bisa berperan sebagai komunikator yang baik. "AM dengan gayanya yang hangat dan supel dapat membantu partai melakukan komunikasi politik dengan berbagai kelompok," ulas Zaenal.

Selain itu, AM juga memiliki basis intelektual yang kuat. Dalam sejarah dan tradisi parpol di Indonesia, lanjut Zaenal yang juga peneliti pada Developing Countries Studies Center (DSCS) itu, tokoh-tokoh utama parpol di masa lalu adalah para intelektual yang memiliki basis pemikiran yang kuat.

JAKARTA - Munculnya Andi Mallarangeng (AM) sebagai kandidat Ketua Umum Partai Demokrat diharapkan semakin mempercepat modernisasi di tubuh partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News