Listrik Jawa Bali Masih Defisit 800 MW

Listrik Jawa Bali Masih Defisit 800 MW
Listrik Jawa Bali Masih Defisit 800 MW
JAKARTA – Pasokan listrik di Jawa-Madura-Bali (Jamali) masih belum aman. Meski beberapa pembangkit bermasalah mulai beroperasi, defisit pasokan listrik diperkirakan masih mencapai 800 mega watt (MW).

      Demikian diungkapkan Direktur Jawa-Madura-Bali PT PLN Murtaqi Syamsuddin. Menurut dia, PLN belum bisa menjamin untuk tidak melakukan lagi pemadaman bergilir. ’’Sebab, kapasitas kita masih terbatas sekali,’’ ujarnya di Jakarta.

      Murtaqi mengatakan, berdasar informasi terakhir yang diterima sore kemarin, PLTU Paiton unit VIII berkapasitas 2 x 600 MW sudah mulai dioperasikan secara penuh, demikian pula PLTU Suralaya. Sedangkan PLTU Cilacap berkapasitas 600 MW, baru beroperasi dengan separo beban. ’’Memang masih deficit, tapi kita usahakan tidak melakukan pemadaman,’’ katanya.

      Seperti diwartakan kemarin, aktifitas perbaikan di beberapa pembangkit membuat pasokan listrik tidak optimal. Akibatnya, sistem Jawa-Madura-Bali kembali defisit hingga 1.200 mega watt (MW).

      Tiga pembangkit yang bermasalah adalah PLTU Paiton unit VIII (2x600 MW) yang dikelola pihak swasta, yakni PT Paiton Energy Company (PEC). Pembangkit tersebut  mengalami gangguan karena masalah teknis. Sehingga satu dari dua unit yang ada, tidak bisa beroperasi. Akibatnya, pembangkit tersebut kehilangan daya pasokan listrik hingga 600 MW.

      Sedangkan PLTU Suralaya unit VI terganggu karena masalah teknis. Akibatnya, pasokan listrik kembali berkurang hingga 600 MW.

      Sementara itu, pasokan dari PLTU Cilacap terganggu karena terlambatnya pasokan batubara. Akibatnya, unit PLTU yang dikelola PT Segara Sumber Prima tersebut mengalami penurunan daya atau derating sebesar 260 MW. Akibatnya, pasokan listrik kini hanya tinggal 340 MW, dari pasokan normal sebesar 600 MW.

      Murtaqi mengakui, semua pembangkit listrik milik PLN maupun swasta memang harus menjalani perawatan secara rutin. Sehingga, ketika beberapa pembangkit selesai menjalani proses maintenance, maka pasokan bisa normal sehingga tidak terjadi deficit.

JAKARTA – Pasokan listrik di Jawa-Madura-Bali (Jamali) masih belum aman. Meski beberapa pembangkit bermasalah mulai beroperasi, defisit pasokan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News