LPS Jamin Pinjaman Antarbank

Siap, Cegah Perang Suku Bunga

LPS Jamin Pinjaman Antarbank
LPS Jamin Pinjaman Antarbank
SURABAYA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) siap menjamin penuh pinjaman antarbank. Saat ini, lembaga tersebut sedang menunggu kuputusan dari pemerintah. Penjaminan pinjaman antarbank mendesak dilakukan karena terkait dengan kepercayaan antar bank dan membantu bank-bank yang kesulitan likuiditas.

Menurut Kepala Executive LPS Firdaus Djaelani, penjaminan penuh antarbank sebenarnya sudah lama diusulkan oleh perbankan kepada pemerintah. Pihaknya siap melaksanakan tetapi keputusan tetap berada di tangan pemerintah.

Pengelolaan tersebut lebih bersifat administratif sehingga tidak perlu dibentuk lembaga baru yang khusus mengelola dana penjaminan. "Kami siap. Tetapi, keputusan tetap berada di tangan pemerintah," ungkapnya dalam jumpa pers kemarin (16/12).

Pihaknya menunggu kebijakan pemerintah tentang pool of fund karena LPS hanya sebagai executing agency atas fungsi penjaminan simpanan nasabah. Jika pemerintah menginstruksikan dengan ketentuannya, pihaknya akan segera melaksanakan.

SURABAYA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) siap menjamin penuh pinjaman antarbank. Saat ini, lembaga tersebut sedang menunggu kuputusan dari pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News