Luncurkan IDChain & Aplikasi E.id, Pandi: Ini Kunci Indonesia Berdaulat Digital

Luncurkan IDChain & Aplikasi E.id, Pandi: Ini Kunci Indonesia Berdaulat Digital
Pandi meluncurkan IDChain dan aplikasi e.id pada acara 'Indonesia Berdaulat Digital' yang digelar di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Pengelola nama domain interet Indonesia (Pandi) meluncurkan IDChain dan aplikasi e.id pada acara 'Indonesia Berdaulat Digital' yang digelar di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Kehadiran kedua layanan itu sebagai upaya Pandi menjaga integritas wilayah digital Indonesia.

IDChain merupakan White Paper Infrastruktur Identitas Digital Terdesentralisasi Berbasis Teknologi Blockchain.

Layanan itu terhubung dengan peluncuran bersama dengan Peruri.

Pandi juga memacu kolaborasi ke arah pemanfaatan teknologi Blockchain sebagai identitas digital.

Ketua PANDI John Sihar Simanjuntak mengungkapkan identitas digital yang berintegritas merupakan salah satu kunci Indonesia Berdaulat Digital.

Menurut dia, blockchain sebagai teknologi yang terdesentralisasi dan bersifat tidak dapat diubah (immutable) merupakan metode yang tepat untuk mewujudkannya.

“IDChain secara konseptual merupakan jaringan Blockchain untuk meningkatkan keamanan identitas digital dan memberdayakan pengguna dengan memberikan kontrol atas data pribadi mereka," kata dia.

Pandi meluncurkan IDChain dan aplikasi e.id pada acara 'Indonesia Berdaulat Digital' yang digelar di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News