Macan Tutul Dilaporkan Muncul di Kuningan, BKSDA Langsung Lakukan Ini

Macan Tutul Dilaporkan Muncul di Kuningan, BKSDA Langsung Lakukan Ini
Tangkap layar dari cuplikan video yang direkam oleh warga saat adanya kemunculan seekor macan tutul di Desa Gunungmanik, Kuningan, Jabar, pada Selasa (9/7/2024). (ANTARA/Fathnur Rohman)

jpnn.com, CIREBON - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cirebon menindaklanjuti laporan tentang kemunculan seekor macan tutul di Desa Gunungmanik, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Hal itu dilakukan guna mencegah konflik antara warga dengan satwa liar tersebut.

“Kami menerima laporan bahwa pada Selasa (9/7) malam kemarin, ada macan tutul yang menampakkan diri di Desa Gunungmanik,” kata Kepala BKSDA Resor Cirebon Selamet Priambodo, Kamis (11/7).

Setelah menerima laporan itu, pihaknya langsung mengidentifikasi dan memeriksa jejak kaki serta beberapa cuplikan video yang menampilkan hewan tersebut.

Selamet mengatakan hasil identifikasi itu menunjukkan kalau macan tutul tersebut, sempat berkeliaran di dekat permukiman warga Desa Gunungmanik.

"Berdasarkan keterangan dan bukti visual, memang terdapat jejak dan penampakan macan tutul," ujar Slamet.

Dia menyebut beberapa langkah penanggulangan sudah dilakukan, guna memastikan keberadaan hewan ini tidak mengganggu masyarakat setempat maupun sebaliknya.

Selain itu, kata dia, BKSDA Resor Cirebon sudah berkoordinasi dengan pihak desa hingga kepolisian setempat, untuk mengimbau warga agar mengurangi aktivitas di luar rumah pada malam hari.

BKSDA Cirebon langsung menindaklanjuti laporan warga soal kemunculan macan tutul di Kuningan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News