Mahalnya Semen di Papua Bisa Bikin Marak Tuntutan Merdeka

Mahalnya Semen di Papua Bisa Bikin Marak Tuntutan Merdeka
Mahalnya Semen di Papua Bisa Bikin Marak Tuntutan Merdeka
JAYAPURA - Provinsi Papua dinilai sebagai kawasan termahal dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur transportasi dan irigasi. Hal itu terjadi karena harga bahan pokok bahan bangunan di Papua terbilang mahal karena harus didatangkan dari luar pulau lain.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Djasarmen Purba, mencontohkan harga semen di Papua yang mencapai ratusan kali dari harga semen di Pulau Jawa, Sulawesi bahkan Kalimantan. Djasarmen menilai hal itu sangat ironis karena Papua kaya akan bahan dasar semen.

"Padahal bahan baku semen seperti kapur berlimpah-ruah dan tersebar merata dihampir seluruh daratan Papua. Ketersediaan bahan baku semen ini hendaknya mendorong pemerintah untuk segera membangun pabrik semen di Papua," kata Djasarmen Purba di sela-sela kunjungan kerjanya ke Provinsi Papua, Senin (29/10).

Tingginya harga bahan bangunan yang sangat tinggi itu, lanjut anggota DPD asal Provinsi Kepulauan Riau itu, mengakibatkan  percepatan pembangunan infrastrukur di wilayah Papua menjadi tersendat. Selain itu, masyarakat juga terbebani saat hendak membangun rumah sendiri.

JAYAPURA - Provinsi Papua dinilai sebagai kawasan termahal dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur transportasi dan irigasi. Hal itu terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News