Mahasiswa Australia Pelajari Penyebaran HIV/AIDS di Jawa Timur

Mahasiswa Australia Pelajari Penyebaran HIV/AIDS di Jawa Timur
Mahasiswa Australia Pelajari Penyebaran HIV/AIDS di Jawa Timur

Sepuluh mahasiswa Universitas Flinders, Australia Selatan, berkesempatan membagi ilmu dan menelusuri fenomena penyebaran HIV/AIDS di Jawa Timur. Tak hanya berbagi pengetahuan, mereka-pun menemukan realita HIV/AIDS yang berbeda dengan Australia.

Tanggal 1 Desember diperingati warga dunia sebagai Hari AIDS. Menurut data Badan Kesehatan PBB (WHO), di tahun 2014 -walau kasus kematian sehubungan AIDS terus mengalami penurunan -ada sekitar 1,2 juta orang yang meninggal akibat virus HIV penyebab AIDS.

Hingga akhir tahun lalu, ada 36,9 juta orang di dunia yang hidup dengan HIV/AIDS (atau biasa disebut ODHA). Hal itu membuat HIV/AIDS masih menjadi isu kesehatan global yang berusaha ditangani banyak negara. Di Indonesia sendiri, menurut data Kementerian Kesehatan RI, tercatat ada sekitar 205.000 ODHA hingga September 2014. 

Mahasiswa Australia Pelajari Penyebaran HIV/AIDS di Jawa Timur
Mahasiswa Universitas Flinders Adelaide mengunjungi Rumah Sakit Tropik Infeksi di Surabaya. (Foto: Wendy Abigail)

Berbekal data tersebut, Universitas Flinders di Adelaide, Australia Selatan -berkolaborasi dengan Universitas Airlangga (UNAIR) di Surabaya –mengirimkan 10 mahasiswa Ilmu Kebidanan dan Keperawatan ke Indonesia untuk memahami penanganan fenomena HIV/AIDS di negara tetangganya ini.

Di bawah program ‘Asia Bound’ yang berlangsung pertengahan Oktober 2015, kesepuluh mahasiswa tak hanya menelisik fenomena HIV/AIDS tetapi sekaligus melakukan kampanye penyadaran di tengah masyarakat dan membagi pengetahuan seputar pendidikan kesehatan. Apalagi, transmisi dari ibu ke anak ditemukan sebagai kasus yang cukup banyak ditemukan.

“Proyek kami di Surabaya memiliki fokus pada transmisi ibu ke anak. Kami bertemu dengan para penderita HIV, baik itu keluarga, perempuan, anak-anak, seorang ayah, mereka semua terbuka dan mau berbagi cerita kepada kami, ini sungguh melegakan,” ujar Alice Welby- mahasiswa ilmu kebidanan –yang turut menjadi delegasi Flinders di Surabaya.

Lebih lanjut Alice menuturkan fenomena serupa di negara asalnya.

Sepuluh mahasiswa Universitas Flinders, Australia Selatan, berkesempatan membagi ilmu dan menelusuri fenomena penyebaran HIV/AIDS di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News