Mahfud Sebut Sampang Membara Karena Asmara

Mahfud Sebut Sampang Membara Karena Asmara
Mahfud Sebut Sampang Membara Karena Asmara
JAKARTA - Tokoh asal Madura yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD ikut angkat bicara mengenai kasus kekerasan yang terjadi di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Pria kelahiran Sampang, Madura  13 Mei 1957 itu menyebut pecahnya konflik hanya karena masalah asmara antara kakak-beradik di wilayah Kecamatan Omben, Sampang. Dua bersaudara  tersebut sama-sama berasal dari kelompok muslim Syiah yang bertikai karena mencintai wanita yang sama.

“Dua bersaudara ini sama-sama jatuh cinta kepada seorang gadis. Sehingga yang satu menyatakan keluar dari Syiah. Lalu ada provokasi orang-orang yang tidak tahu apa-apa antara Syiah-Sunni.
Ini latar belakangnya hanya karena asmara. Sudah disampaikan oleh tokoh-tokoh Madura yang datang ke Jakarta untuk menemui Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri,” ujar Mahfud saat ditemui di Gedung MK, Selasa (28/8).

Mahfud memang tak menyebut nama dua kakak beradik yang bertikai karena perempuan itu. Namun dalam pemberitaan Radar Madura (JPNN Group), sudah disebutkan bahwa dua bersaudara itu adalah Tajul Muluk dan Rois. Keduanya dulu adalah orang yang dikenal rajin membesarkan Syiah di Sampang, namun akhirnya pecah karena masalah cinta. Mahfud menyatakan, seharusnya masalah pertikaian antara kakak beradik itu bisa dibendung sehingga tak perlu terjadi kericuhan.

“Tidak serta merta salahkan pemerintah, tokoh masyarakat, aparat, sehingga berkembang isu perbedaan keyakinan. Mestinya ketika awal terjadi dibuka satu persatu, masalah diurai. Sekarang sudah terlanjur terjadi. Tidak ada jalan lain kecuali penegakan hukum tegas. Sekarang ini selamatkan orang-orang yang terancam. Tidak boleh ada pengadilan oleh rakyat untuk rakyat lain,” tegasnya.

JAKARTA - Tokoh asal Madura yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD ikut angkat bicara mengenai kasus kekerasan yang terjadi di Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News