Mahyeldi Diinginkan Lagi Jadi Gubernur Sumbar versi Survei Voxpol

Mahyeldi Diinginkan Lagi Jadi Gubernur Sumbar versi Survei Voxpol
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - CEO Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Mahyeldi Ansharullah-Vasco Ruseimy elektabilitasnya tidak tersaingi oleh pesaingnya di Pilgub Sumatra Barat.

Menurut Pangi, pasangan nomor urut 1 ini diharapkan oleh responden bisa memimpin kembali Sumatra Barat. Ketimbang memilih pemimpin yang baru.

Hal itu diketahui berdasarkan hasil survei Voxpol yang dirilis, Selasa (22/10).

“Dalam pertanyaan terbuka responden ditanya masih menginginkan Mahyeldi Ansharullah melanjutkan kepemimpinan sebagai Gubernur Sumatra Barat Periode 2024-2029, sebanyak 80,3 persen menginginkannya, dengan rincian sangat setuju 26,3 persen dan setuju 54,0 perseb,” kata Pangi Syarwi Chaniago, Selasa (22/10).

Pangi menambahkan mayoritas responden (74,8 persen) menganggap program pemerintah provinsi Sumatra Barat layak untuk dilanjutkan, hanya 17,8 persen responden menganggap tidak layak untuk dilanjutkan.

Pangi mengatakan kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah daerah sangat baik, sebagian besar masyarakat merasa puas terhadap kinerja gubernur-wakil gubernur saat ini.

“Di sisi lain mayoritas masyarakat masih sangat menginginkan Mahyeldi Anaharullah untuk melanjutkan kepemimpinannya sebagai gubernur Sumatera Barat untuk periode 2024-2029,” tegasnya.

Pangi menuturkan, untuk pasangan Mahyeldi Ansharullah-Vasco Ruseimy unggul dengan elektabilitas 66,9 persen mengalahkan Epyardi Asda-Ekos Albar dengan elektabilitas 14,9 persen.

Terpisah, pengamat politik Universitas Andalas, Aidinil Zetra menambahkan bahwa mayoritas responden (63,7 persen) adalah pemilih rasional, disusul oleh pemilih Psikologis (16,3 persen) dan pemilih Sosiologis (14,3 persen).

CEO Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Mahyeldi Ansharullah-Vasco Ruseimy elektabilitasnya tidak tersaingi oleh pesaingnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News