Mantan Panglima TNI Salahkan Polisi

Soal Kerusuhan Berbau Agama di Pandeglang dan Temanggung

Mantan Panglima TNI Salahkan Polisi
Mantan Panglima TNI Salahkan Polisi
JAKARTA - Mantan Panglima TNI, Jendral (Purn) Endriartono Sutarto, menilai kasus kerusuhan berbau agama di Pandeglang dan Temanggung lebih karena ketidaksiapan polisi. Apalagi dalam kasus kekerasan terhadap warga Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, terlihat adanya massa yang terorganisasi dengan penanda pita biru.

"Mungkin saja itu suatu yang diorganisasikan untuk melakukan penyerangan. Cuma permasalahannya, yang saya dengar, bahwa polisi sudah mengetahui karena sudah ada pengaduan sehari sebelumnya dari Ahmadiyah," ujar Endriartono saat ditemui usai pembubaran Tim Pembela Bibit-Chandra di gedung KPK, Jumat (11/2).

Endriartono pun menyesalkan ketidaksigapan polisi itu. "Polisi tidak cukup sigap untuk melakukan antisipasi kemungkinan itu. Padahal kita tahu sudah ada kasus-kasus sebelumnya tentang penyerangan terhadap Ahmadiyah yang dilakukan bukan secara spontatinitas, melainkan terencana," paparnya.

Mantan petinggi TNI kelahiran Purworejo, Jawa Tengah itu menegaskan, kasus kekerasan terhadap pengikut Ahmadiyah sebenarnya persoalan lama. Hanya saja, memang ada kelompok radikal yang ingin membuat Ahmadiyah tidak lagi eksis.

JAKARTA - Mantan Panglima TNI, Jendral (Purn) Endriartono Sutarto, menilai kasus kerusuhan berbau agama di Pandeglang dan Temanggung lebih karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News