Mantan Pelatih Timnas Indonesia Tutup Usia

Mantan Pelatih Timnas Indonesia Tutup Usia
Mantan Pelatih Timnas Indonesia Tutup Usia
KERKRADE - Indonesia nyaris tampil di Olimpiade 1976 Montreal. Sayang, skuad Garuda kalah adu penalti dari Korea Utara di partai penentuan. Meski gagal mengantar Indonesia menembus pentas dunia, tapi nama Wiel Coerver tetap dianggap sebagai salah satu pelatih asing paling sukses.

Selain melatih Indonesia, Coerver juga pernah membesut beberapa klub di Belanda seperti Feyenoord, NEC Nijmegen, Sparta Rotterdam, Roda JC Kerkrade dan Go Ahead Eagles. Prestasinya adalah ketika mengantar Feyenoord juara Piala UEFA 1974.

Dia juga sosok yang berjasa memprakarsai turnamen segitiga antara Indonesia dengan dua raksasa Eropa Manchester United, dan Ajax Amsterdam pada 1976. Ketika itu Indonesia menahan United tanpa gol dan kalah 1-4 dari Ajax.

Nah, Coerver Jumat (22/4) telah tutup usia. Dia meninggal saat usianya mencapai 86 tahun. Penyakit radang paru-paru menjadi penyebab kematiannya pelatih yang dijuluki sebagai Albert Einstein-nya sepak bola itu.

KERKRADE - Indonesia nyaris tampil di Olimpiade 1976 Montreal. Sayang, skuad Garuda kalah adu penalti dari Korea Utara di partai penentuan. Meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News