Mantap! Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Menjadi BBB

Mantap! Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Menjadi BBB
Fitch Ratings baru saja menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank Mandiri menjadi 'AAA' dan Peringkat Jangka Panjang Foreign-Currency dan Local-Currency untuk Bank Mandiri menjadi 'BBB'. Foto: Dokumentasi Bank Mandiri

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings baru saja menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank Mandiri menjadi 'AAA(idn)' dari 'AA+(idn)'.

Outlook pada Issuer Default Rating (IDR) Jangka Panjang dan Peringkat Nasional Jangka Panjang adalah stabil.

Tak hanya itu, Fitch juga menaikkan Peringkat Jangka Panjang Foreign-Currency dan Local-Currency untuk Bank Mandiri menjadi 'BBB' dari 'BBB-'.

Fitch juga telah menaikkan Peringkat Dukungan Pemerintah (GSR) Mandiri menjadi 'bbb' dari 'bbb-‘.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman mengatakan Peringkat Nasional Jangka Panjang ‘AAA(idn)' ini merupakan peringkat tertinggi yang diberikan kepada Bank Mandiri oleh Fitch dalam skala Peringkat Nasional di Indonesia.

Peringkat ini diberikan pada emiten atau obligasi dengan ekspektasi paling rendah terhadap risiko gagal bayar jika dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di Indonesia.

“Mereka melihat pengelolaan risiko yang solid dan terukur, kualitas aset yang terjaga dengan basis DPK yang sehat serta profil profitabilitas yang stabil dan sustain dengan implementasi konsep Environmental, Social and Governance (ESG) menjadi faktor yang mendorong peringkat Bank Mandiri," kata Ali dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (11/5). 

Ali menyampaikan dengan adanya kenaikan peringkat ini diharapkan Bank Mandiri dapat lebih menarik lebih banyak investor, baik Equity Investors maupun Fixed-Income Investors,.

Perbaikan rating ini merupakan bentuk pengakuan atas membaiknya kondisi keuangan Bank Mandiri secara berkesinambungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News