Manusia Bisa Bedakan 10 Aroma Dasar

Manusia Bisa Bedakan 10 Aroma Dasar
Manusia Bisa Bedakan 10 Aroma Dasar

jpnn.com - NEWYORK--Manusia ternyata memiliki kemampuan penciuman yang luar biasa. Hasil penyelidikan dari para ilmuwan dari Amerika Serikat menunjukkan adanya ribuan aroma yang bisa dicium indera penciuman manusia.

Para ilmuwan lantas menggolongkannya ke dalam 10 kategori dasar dengan menggunakan teknik komputerisasi untuk mengurangi bau hingga mencapai esensi aroma paling dasar.

"Kami menguji setidaknya 144 aroma dan menemukan semua aroma ini bisa dikelompokkan menjadi 10 kategori," ungkap Profesor Jason Castro, dari Bates College, seperti dilansir BBC (19/9).

Dijelaskan, meski temuan ini masih menjadi perdebatan karena beberapa mengatakan ada ribuan jenis permutasi aroma. Namun Profesor Castro meyakini manusia memiliki 10 kategori dasar ini karena mencerminkan atribut penting tentang dunia seperti bahaya, makanan dan sebagainya.

"Jika Anda tahu kategori dasar ini, maka Anda dapat mulai berpikir tentang bau sebuah bangunan," lanjutnya.

Sepuluh aroma dasar itu adalah, harum, kayu/resin, buah-buahan (bukan golongan sitrus), bahan kimia,  mint/peppermint,  manis, popcorn, lemon, tajam dan busuk.

"Kami belum memecahkan persoalan bagaimana memprediksi bau berdasarkan struktur kimianya, tapi itu sesuatu yang kita harapkan harus dilakukan," sambungnya.

Lanjut dikatakan, pada kenyataannya setiap aroma alami cenderung terbentuk dari campuran yang kompleks yakni campuran dari 10 kategori yang berbeda. (esy/jpnn)


NEWYORK--Manusia ternyata memiliki kemampuan penciuman yang luar biasa. Hasil penyelidikan dari para ilmuwan dari Amerika Serikat menunjukkan adanya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News