Maret 2015 Proses Lelang Harus Selesai

Maret 2015 Proses Lelang Harus Selesai
Sofyan Djalil. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Empat menteri yakni Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menggelar rapat koordinasi untuk membahas percepatan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun 2015. 

Ditargetkan Maret 2015 proses lelang sudah selesai sehingga pelaksanaan operasional dimulai April.

Usai rakor, Sofyan Djalil mengatakan pengadaan barang/jasa selama ini dirasa masih kurang efektif dan efisien. Melihat kenyataan itu, Presiden Joko Widodo menginginkan pengadaan yang lebih cepat pelaksanaannya, dan tepat pada sasaran, namun fleksibel.

"Pelaksanaan pengadaan barang/jasa masih dirasa lambat, maka perlu kita percepat lagi," ujar Sofyan, Selasa (30/12). 

Untuk mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa itu, maka sistem tender akan dibuat lebih singkat tapi tidak mengabaikan trasparansi dan akuntabilitas. Selain akan disajikan data penyedia barang dan jasa dalam sistem, pengumuman tender hanya dilakukan dalam dua hari. Selain itu, akan diperbanyak barang/jasa yang ada di katalog, sehingga tidak ada lagi proses lelang barang.

"Semua barang yang dijual di toko bisa dimasukkan katalog, seperti printer, genset, mesin fotokopi dan sebagainya," tambah Sofyan.

Di samping itu, untuk mengejar APBN 2015, perlu dilakukan perbaikan Perpres No.54/2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. “Masih ada beberapa perubahan substansial dan sinkronisasi,” imbuhnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Empat menteri yakni Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News