Marzuki Sebut MK Seperti Tuhan

Marzuki Sebut MK Seperti Tuhan
Marzuki Sebut MK Seperti Tuhan
PURBALINGGA - Ketua DPR Marzuki Alie tampaknya gerah juga terus disudutkan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Senin (21/11), politisi Partai Demokrat itu balik melontarkan kritikan pedas kepada MK. Dia menyebut lembaga pengawal institusi itu ibarat Tuhan lantaran bertindak tanpa pengawas.

     

Saat menjadi pembicara Diskusi Panel oleh PGRI di Pendopo Dipokusumo, Purbalingga, dia menyebut wewenang MK terlalu tinggi. Akibatnya, kewenangan MK seakan tidak terbendung dan makin menjadi. Menurutnya, hal itu tidak sehat dan bisa berakibat buruk. "Kewenangannya sangat besar. Sudah seperti Tuhan saja," ujarnya.

     

Entah kenapa dia menyebut hal itu. Yang pasti, hampir tidak pernah Marzuki melontarkan kritikan pedas terhadap MK. Apalagi, yang menyinggung substansi wewenang kerja MK. Apakah itu balasan atas ungkapan Mahfud MD yang menyebut ada jual beli pasal di DPR? Dia tidak menjelaskan.

     

Yang pasti, Marzuki sudah berancang-ancang untuk membatasi gerak-gerik MK. Caranya, mewacanakan perubahan Undang-undang yang ada agar kewenangan MK tidak terlalu besar. Salah satunya, adalah membentuk suatu lembaga yang bisa mengawasi MK. Itu penting supaya semua lembaga di Indonesia memiliki pengawas.

     

PURBALINGGA - Ketua DPR Marzuki Alie tampaknya gerah juga terus disudutkan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Senin (21/11), politisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News