Marzuki Serahkan Nasib Nazar ke BK

Marzuki Serahkan Nasib Nazar ke BK
Marzuki Serahkan Nasib Nazar ke BK
JAKARTA -- Meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), posisi M Nazarddin sebagai anggota DPR, masih aman. Ketua DPR RI yang juga politisi Partai Demokrat, Marzuki Alie, mengatakan, terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR, ada aturan-aturannya.

"Seorang anggota DPR RI itu diberhentikan karena tiga hal, yakni meninggal, mengundurkan diri, diberhentikan. Kalau meninggal dunia, belum. Mengundurkan diri, tidak. Yang jelas (bisa) diberhentikan. Siapa yang memberhentikan? Partai," kata Marzuki di Senayan, Jumat (1/7).

Menurutnya, partai memberhentikan kadernya sebagai anggota DPR juga ada aturannya. Misalnya aturan internal dalam UU MD3 dan tata tertib DPR. Dimana, anggota dapat diberhentikan kalau tiga bulan berturut-turut tidak hadir dalam kegiatan DPR tanpa alsaan. "Atau enam kali tidak hadir dalam rapat paripurna dan alat kelengkapan dewan tanpa keterangan," katanya.

Untuk kasus Nazarudin, dia menyerahkan kepada Badan Kehormatan DPR. Apakah menurut penilaian BK, Nazarudin sudah enam kali atau tiga bulan tanpa keterangan?. "Karena kami sekarang lagi menata BK. Kasus yang lalu, dimana ada anggota DPR yang telah dipidana memiliki kekuatan hukum tetap, sesuai ketentuan jelas harus berhenti. Jangan bicara Nazarudin saja, kenapa tidak dituntut yang lain-lain," katanya.

JAKARTA -- Meskipun sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), posisi M Nazarddin sebagai anggota DPR, masih aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News