Masih Ada Pungli di PSB

Masih Ada Pungli di PSB
Masih Ada Pungli di PSB
JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) kembali menyoroti problem pendidikan. Kali ini terkait berbagai pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB). Kasus pungutan, jual beli bangku kosong, dan diskriminasi dalam pendidikan masih mewarnai pelaksanaan kegiatan rutin diawal tahun itu.

     

Peneliti Pelayanan Publik ICW Febri Hendri A.A mengatakan, berdasarkan pengaduan masyarakat ke ICW, keluhan terbanyak yang disampaikan masyarakat adalah kasus pungutan. Kisaran dana pungutan yang diberlakukan sekolah bervariasi. Semakin tinggi level pendidikan, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan walimurid.

     

Berdasarkan laporan sementara, besarnya jumlah pungutan yang diberlakukan untuk siswa SMP rata-rata sekitar 500 ribu. Sedangkan, siswa SMA mencapai hingga Rp 1,5 juta. Untuk pungutan rintisan sekolah bertaraf internasional jauh lebih tinggi. Bahkan, ada yang mencapai Rp 20 juta. "Bayangkan saja, anak siapa yang berani masuk sekolah itu jika tidak anak orang kaya," cetusnya.

     

Dia menyebut, tahun lalu kasus pungutan mewarnai tujuh provinsi. Kota-kota yang memberlakukan pungutan itu antara lain Jakarta, Garut, Padang, Makasar, NTT, Banjarmasin, dan Manado. Berdasarkan survei ICW pada Mei hingga Agustus 2008, besarnya pungutan siswa SD sebesar Rp 500 ribu, SMP Rp 655 ribu, dan SMA Rp 7,4 juta.    

     

JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) kembali menyoroti problem pendidikan. Kali ini terkait berbagai pelanggaran yang terjadi selama pelaksanaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News