Masih Rawan Cuaca Ekstrim

Masih Rawan Cuaca Ekstrim
Masih Rawan Cuaca Ekstrim
JAKARTA- Hingga Kamis (4/3), cuaca rata-rata di Indonesia, berpotensi ekstrim. Jangan heran jika cuaca yang cerah, tiba-tiba berubah menjadi hujan lebat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, Selasa (2/3) ini, salah satu faktor pendukung dari kondisi ini adalah adanya daerah tekanan rendah di Australia timur dan pusaran angin tertutup di pesisir barat Sumatera bagian tengah serta daerah  pumpunan atau pertemuan angin yang memanjang dari Kalimantan bagian selatan hingga Laut Arafuru.

Hal ini mempengaruhi aktivitas pertumbuhan awan hujan yang semakin meningkat terutama di wilayah Indonesia bagian selatan.

Kondisi tersebut juga didukung oleh suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang hangat dan kelembaban udara yang tinggi. Selain itu, faktor pemanasan berskala lokal yang ditandai dengan suhu udara yang tinggi antara pagi dan siang hari di beberapa wilayah mendukung pertumbuhan awan hujan seperti awan cumulonimbus yang berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

JAKARTA- Hingga Kamis (4/3), cuaca rata-rata di Indonesia, berpotensi ekstrim. Jangan heran jika cuaca yang cerah, tiba-tiba berubah menjadi hujan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News