Masjid Jamik Dibangun Kembali

Masjid Jamik Dibangun Kembali
Masjid Jamik Dibangun Kembali
JAKARTA - Gerakan Sosial Orang Rantau (Gesor) melakukan peletakan batu pertama pembangunan kembali Masjid Jamik Kurai Taji, Pariaman Sumatera Barat yang sebelumnya rubuh digoncang gempa bumi berkekuatan 7,3 pada SR, 30 September 2009 lalu. Peletakan batu pertama antara lain dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina Gesor H Syahrul Effendi SH MM dan sejumlah tokoh masyarakat dari rantau dan di Pariaman berlangsung Kamis (18/2). "Peletakan batu pertama ini sekaligus pertanda dimulainya kembali pembangunan Masjid Jamik Kurai Taji. Insya Allah, kami akan memprioritaskan pembangunannya dan berharap agar masyarakat kembali dapat melaksanakan ibadah dan kegiatan bermanfaat lainnya di Masjid Jamik," kata Syahrul Effendi, di Jakarta, Rabu (17/2).

Syahrul Effendi, yang juga Walikota Jakarta Selatan itu menambahkan, selain membangun kembali Masjid Jamik di Pariaman, Gesor juga tengah merencanakan pembangunan kembali Masjid Ukhuwah Muhammadiyah yang terletak di depan Pasar Simpang Haru Kota Padang. Saat ini kami dan beberapa donatur akan memulai pendekatan dengan beberapa pihak terkait, seperti Pemko Padang dan masyarakat serta pihak pengelola yang selama ini menangani masjid tersebut.

Menjelaskan sumber dana untuk pembiayaan pembangunan kembali sejumlah masjid yang rubuh di Sumatera Barat, Syahrul Effendi menegaskan bahwa dananya berasal dari berbagai komunitas sosial di Jakarta. "Gesor hanya memfasilitasi untuk menyampaikan semua sumbangan kepada yang berhak. Satu sen pun sumbangan masyarakat tidak akan kurangi. Itu komitmen sejak awal," kata Syahrul Effendi.

Dia juga mengungkap beberapa komunitas masyarakat Kota Jakarta yang sangat peduli dengan bencana yang menimpa Sumatera Barat seperti Ontel Sepeda Sehat Komite Pendidikan dan sejumlah pribadi yang telah berkomitmen membangun masjid di Sumatera Barat.

JAKARTA - Gerakan Sosial Orang Rantau (Gesor) melakukan peletakan batu pertama pembangunan kembali Masjid Jamik Kurai Taji, Pariaman Sumatera Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News