Masterplan Tsunami Digarap Tahun Depan

Masterplan Tsunami Digarap Tahun Depan
Masterplan Tsunami Digarap Tahun Depan
JAKARTA – Untuk mengantisipasi dampak bencana tsunami yang sewaktu-waktu bisa mengancam, pemerintah mulai menyiapkan masterplan pengurangan resiko bencana tsunami dengan alokasi anggaran Rp1 triliun tahun 2013.

Masterplan peringatan dini tsunami ini meliputi empat program besar di antaranya penguatan rantai peringatan dini tsunami, pembangunan dan peningkatan tempat evakuasi sementara, penguatan kapasitas kesiapsiagaan, serta pembangunan kemandirian industri kebencanaan.

“Dana yang disediakan tahun 2013 sebesar Rp1 triliun. Sedangkan kebutuhan total untuk masterplan di seluruh wilayah rawan tsunami mencapai Rp16,7 triliun untuk lima tahun,” kata Kepala pusat data dan informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Kamis (20/12).

Karena keterbatasan anggaran yang tersedia, maka masterplan tsunami tahun depan akan diprioritaskan pada daerah-daerah rawan tinggi tsunami, yakni Megatrusht Mentawai, Kawasan Selat Sunda dan Pantai Selatan Jawa, Kawasan Selatan Bali – NTT dan kawasan Papua.

JAKARTA – Untuk mengantisipasi dampak bencana tsunami yang sewaktu-waktu bisa mengancam, pemerintah mulai menyiapkan masterplan pengurangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News