Masyarakat Jangan Khawatirkan Efikasi Vaksin Covid-19 dari China

Masyarakat Jangan Khawatirkan Efikasi Vaksin Covid-19 dari China
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo meminta masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan pernyataan otoritas kesehatan China yang menyebut efektivitas vaksin Covid-19 yang mereka buat rendah.

Sebab, efikasi vaksin buatan China, seperti Sinovac, masih di atas ambang batas yang ditetapkan WHO, organisasi kesehatan dunia.

"Kita tidak perlu khawatir terhadap kejujuran statement dari pejabat China. Ambang batas yang telah ditetapkan WHO itu kan 50 persen. Saya kira produksi dari China masih di atas itu, sehingga tidak perlu khawatir," kata anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo.

Dia mengingatkan bahwa vaksin menjadi barang langka di dunia saat ini. Banyak negara di dunia membutuhkan vaksin Covid-19.

"Satu sisi kita berterima kasih kepada China yang telah komitmen memberikan vaksin kepada kita," tutur Rahmad.

Rahmad bersyukur, para tenaga kesehatan di tanah air sudah divaksin. "Artinya masyarakat tidak perlu ragu, tidak perlu mengkhawatirkan informasi efektivitas dari China karena itu sudah sesuai standar WHO, sekali lagi jangan terlalu terbawa informasi," ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa pemerintah akan memberikan yang terbaik bagi rakyatnya terkait vaksin Covid-19. Kendati demikian, dia menghormati transparansi pejabat China terkait efektivitas vaksin buatan negara tirai bambu itu.

"Saya kira tidak ada masalah," tuturnya.

Pemerintah memastikan akan tetap memberikan vaksin covid-19 yang terbaik bagi masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News