Mati untuk Penentang Undang-Undang

Mati untuk Penentang Undang-Undang
Mati untuk Penentang Undang-Undang
ISLAMABAD - Tak hanya di tanah air, isu penodaan agama juga menjadi ganjalan dalam roda kehidupan bangsa Pakistan. Di negara tetangga Afghanistan tersebut, UU Penodaan Agama Islam baru saja menelan korban jiwa. Menteri Urusan Warga Minoritas Shahbaz Bhatti harus meregang nyawa setelah ditembak kelompok bersenjata saat berada di dalam mobilnya.

Bhatti yang seorang penganut Katolik itu dibunuh setelah mengunjungi ibunya di pinggiran Islamabad. Saat itu dia sengaja meninggalkan para pengawalnya di ibu kota dan hanya berdua dengan sopir pribadinya.

Sejak menentang undang-undang penodaan Islam yang menjerat pelakunya dengan hukuman mati, Bhatti memang menjadi incaran kelompok-kelompok militan Pakistan. Kematiannya terjadi dua bulan setelah Gubernur Provinsi Punjab Salman Taseer, yang juga berkampanye melawan UU sama, dibunuh.

Beberapa saat setelah berita kematian Bhatti tersebar, Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Klaim itu disampaikan kepada BBC Urdu. Hingga kemarin, polisi masih memburu para pelaku yang langsung kabur begitu melihat satu-satunya menteri nonmuslim di kabinet Pakistan tersebut tergeletak bersimbah darah.

ISLAMABAD - Tak hanya di tanah air, isu penodaan agama juga menjadi ganjalan dalam roda kehidupan bangsa Pakistan. Di negara tetangga Afghanistan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News