Mekanisme Seleksi PPPK 2024 Menguntungkan Honorer K2 & Non-ASN Database BKN

Mekanisme Seleksi PPPK 2024 Menguntungkan Honorer K2 & Non-ASN Database BKN
tenaga non-aparatur sipil negara (non-ASN). Ilustrasi ASN: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mekanisme seleksi PPPK 2024 menguntungkan honorer K2 dan tenaga non-ASN database BKN. Salah satunya ditunjukkan dalam penentuan kelulusan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). 

Menurut Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto, honorer harus mendaftar PPPK 2024 dan mengikuti tesnya. Ini menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi seorang honorer atau tenaga non aparatur sipil negara (non-ASN). 

"Tidak ada pengangkatan ASN PPPK secara langsung. Mau dia honorer K2 atau peserta prioritas harus tetap ikut prosedur, yakni ikut pendaftaran PPPK 2024," kata Deputi Aris, Selasa (1/10).

Dia menjelaskan pemerintah membagi pendaftaran PPPK 2024 dalam dua gelombang.

Gelombang pertama dimulai 1 - 20 Oktober untuk honorer K2, pelamar prioritas, dan tenaga non-ASN masuk database BKN.

Pelamar prioritas ini terdiri dari guru yang lulus passing grade seleksi PPPK 2021 dan tidak mendapatkan formasi, D-IV bidan yang ikut seleksi PPPK dan tidak mendapatkan formasi, guru honorer K2 dan non-K2 yang ikut seleksi PPPK 2023, tetapi tidak lulus. 

Aris mengatakan honorer K2 ini mendapatkan lebih banyak afirmasi ya, baik yang sudah ikut tes (lulus PG atau tidak PG) maupun belum ikut tes sampai PPPK 2023.

Selanjutnya, gelombang kedua digelar 17 November sampai 31 Desember 2024. 

Mekanisme seleksi PPPK 2024 menguntungkan honorer K2 & tenaga non-ASN database BKN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News