Meksiko Hentikan Sebagian Aktivitas Ekonomi

Meksiko Hentikan Sebagian Aktivitas Ekonomi
TUTUP - Di sebuah kaca pintu restoran yang sudah mulai tak beroperasi, di bagian kota Mexico City yang sepi, Kamis (30/4) waktu setempat, tampak pantulan sosok seorang lelaki tengah melintas dengan masker bedah menutupi mukanya. Foto: Claudia Daut/Reuters.
MEXICO CITY - Terhitung mulai hari ini, Jumat (1/5) waktu setempat, Meksiko memulai program "lima hari penghentian sebagian aktivitas ekonomi"-nya. Hal ini dilakukan dalam rangka memperlambat penyebaran wabah flu babi yang mematikan. Meskipun sebenarnya sejumlah pusat kegiatan maupun bisnis kecil warga sudah mulai tutup sejak beberapa wkatu lalu, namun hari ini merupakan awal dari program resmi pemerintah.

Sebagaimana dikutip sejumlah situs berita, Rabu (29/4) lalu, waktu setempat, Presiden Meksiko Felipe Calderon secara resmi pun telah menyampaikan rencana program ini ke segenap pelosok "negeri sombrero" tersebut. Di antara pesan Calderon kepada warganya yang disiarkan lewat saluran TV nasional itu, termasuk himbauan agar masyarakat tetap berada di rumah bersama keluarga masing-masing dan mengurangi aktivitas yang tak perlu.

Program penghentian aktivitas ekonomi itu sendiri, sebagian besar ditujukan kepada bisnis-bisnis "non-esensial" seperti bioskop atau restoran, yang diharuskan ditutup. Sementara untuk layanan pemerintah yang tak terlalu diperlukan, juga akan ditangguhkan pengoperasiannya. Namun beberapa layanan pemerintah yang penting dan krusial, akan tetap diupayakan berjalan sebagaimana mestinya.

BBC mengutip bahwa dalam periode penghentian kegiatan ekonomi yang mencakup akhir pekan dan satu hari libur nasional ini, sejumlah pabrik akan berhenti berproduksi. Sementara itu beberapa lembaga publik lain, terutama sekolah-sekolah, sudah beristirahat terlebih dahulu. Hanya saja, cukup banyak juga warga yang mengaku tak bisa sepenuhnya mengikuti himbauan untuk tinggal di rumah, lantaran mereka tak bisa berhenti mencari uang untuk kebutuhan hidupnya.

MEXICO CITY - Terhitung mulai hari ini, Jumat (1/5) waktu setempat, Meksiko memulai program "lima hari penghentian sebagian aktivitas ekonomi"-nya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News