Menag: Moratorium Haji Bukan Solusi

Menag: Moratorium Haji Bukan Solusi
Menag: Moratorium Haji Bukan Solusi
PEKANBARU-- Menteri Agama Republik Indonesia, Surya Dharma Ali, menolak usulan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menerapkan moratorium pendaftaran haji di tahun 2012. Menurutnya, hal tersebut bukan solusi yang tepat untuk menjawab berbagai tanda tanya KPK dan masyarakat tentang penyelewengan dana haji.

"KPK minta dilakukan moratorium haji. Maksudnya apa" kalau khawatir dana diselewengkan, silahkan beri kami pendamping. Agar ada yang mengawasi tentang transparansi pengelolaan keuangan. Tetapi, jangan distop (pendaftaran haji-red). Itu bukan solusi,'tegasnya kepada Riau Pos (Group JPNN).

Dia menilai, jika moratorium ini tetap dilakukan, akan terjadi gejolak dari masyarakat. Pasalnya angka peminat untuk melaksanakan rukun islam tersebut sangat tinggi. ' Sedangkan dibatasi saja kuotanya, banyak yang gak setuju. Apalagi distop. Ini tentunya harus diantisipasi,' papar Ketua Umum DPP PPP itu.

Lebih jauh Surya mengatakan, apabila tahun ini tetap dilakukan penghentian pendaftaran haji, otomatis akan terjadi lonjakan pendaftar pada tahun berikutnya.' Kalau 2012 distop, pendaftaran tahun 2013 bisa mencapai satu juta orang. Sedang mengatur yang saat ini saja sudah kewalahan, apalagi meningkat drastis,' paparnya.

PEKANBARU-- Menteri Agama Republik Indonesia, Surya Dharma Ali, menolak usulan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menerapkan moratorium pendaftaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News