Menaker: Job Fair Efektif Kurangi Angka Pengangguran dan Pekerja ter-PHK

Menaker: Job Fair Efektif Kurangi Angka Pengangguran dan Pekerja ter-PHK
Menaker Hanif Dhakiri. Foto: JPNN.com.

jpnn.com - DEPOK - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meminta penyelenggaraan pameran bursa kerja (job fair) di berbagai daerah agar diperbanyak. Selain dapat mempercepat pengurangan pengangguran, penyelenggaraan job fair juga bisa dimanfaatkan oleh para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Pemerintah mendorong terciptanya kesempatan kerja seluas-luasnya dan menempatkan tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu pelaksaan job fair  yang menyediakan berbagai lowongan kerja di tingkat pusat dan daerah harus diperbanyak, “ kata Menaker Hanif seusai  membuka bursa kerja ke-20 Universitas Indonesia (UI) dalam UI Career dan Scholarship Expo di Balairung UI, Depok, Jawa Barat pada Kamis (17/9).

UI Career dan Scholarship Expo digelar  pada 17-19 September 2015. Diperkirakan  kegiatan ini dihadiri 10 ribu pengunjung dari kalangan alumni, mahasiswa tingkat akhir UI serta masyarakat umum. Ajang tahunan tersebut diikuti 48 perusahaan serta 12 lembaga pendonor beasiswa.

Asah Ketrampilan

Menurut Hanif, salah satu solusi mengurangi angka pengangguran adalah menyesuaikan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja dengan pasar kerja. 

Tidak sesuainya standar kualitas keterampilan dan kompetensi kerja kerap mengakibatkan calon tenaga kerja sulit menembus lowongan-lowongan yang disediakan pasar kerja dan industri di Tanah Air.

“Kondisi saat ini adalah masih tidak terkoneksinya kebutuhan perusahaan dengan keinginan para pencari kerja. Terkadang, lowongan banyak namun pencari kerjanya terbatas; atau sebaliknya, lapangan kerja terbatas tetapi pencari kerjanya banyak,” kata Hanif.

Dia mencontohkan ada banyak pengangguran dan korban PHK yang mencari kerja. Namun Di sisi lain, banyak pengelola perusahaan di Indonesia mengeluh sulitnya mencari tenaga kerja. Ini akibat kurang link-and match antara kebutuhan dunia usaha dan pencari kerja.

DEPOK - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meminta penyelenggaraan pameran bursa kerja (job fair) di berbagai daerah agar diperbanyak. Selain

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News