Menangis-Tertawa Bersama Rakyat

Megawati Beber Dasar Politik PDIP

Menangis-Tertawa Bersama Rakyat
Ketua umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat membuka Rakernas II DPP PDI Perjuangan di Imperial Ballroom Pakuwon, Surabaya, Jumat (12/10). Foto: Andy Satria/Radar Surabaya
SURABAYA - Kemenangan Jokowi dalam pilgub DKI Jakarta sungguh berkesan bagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Setidaknya, hal itu tergambar dalam pidato pembukaan Rakernas II DPP PDIP di Pakuwon Imperial Ballroom, Surabaya, kemarin (12/10).

Lebih dari enam paragraf pidato Mega menyebut tentang kemenangan mantan wali Kota Solo tersebut. Mega juga menyimpulkan bahwa kemenangan Jokowi merupakan bentuk evolusi politik. "Sebab, rakyat mau menceburkan diri langsung dalam politik. Terutama yang menyangkut kepentingannya," terang dia.

Dia menungkapkan, tagline menangis dan tertawa bersama rakyat sebagaimana yang disampaikannya dalam kongres merupakan dasar politik PDIP. "Inilah Saudara-Saudara pelajaran besar yang kita petik dari kemenangan pilgub DKI. Selalu bersama rakyat, dalam tawa dan tangis, adalah kuncinya," ujarnya.

Dalam pidatonya, Mega juga menguraikan konsep trisakti yang dicetuskan ayahnya yang juga proklamator RI, Soekarno. Tiga konsep tersebut adalah berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri dalam perekonomian, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

SURABAYA - Kemenangan Jokowi dalam pilgub DKI Jakarta sungguh berkesan bagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Setidaknya, hal itu tergambar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News