Mendagri Tunda Pilgub Jatim

Jadwal 43 Pilkada Mundur setelah Pilpres 2014

Mendagri Tunda Pilgub Jatim
Mendagri Tunda Pilgub Jatim
JAKARTA - Keputusan krusial diambil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal pelaksanaan pilkada di sejumlah wilayah. Mengantisipasi terganggunya tahap Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, Mendagri Gamawan Fauzi menunda jadwal pilkada di 43 wilayah. Salah satunya, pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Timur.

"Sesuai data Kemendagri, terdapat dua pemilihan gubernur dan 41 pemilihan bupati/wali kota yang akan dimundurkan untuk mengantisipasi pemilu legislatif dan pemilu presiden," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Reydonnyzar Moenek saat dihubungi Jawa Pos kemarin (30/7).

Menurut Donny -sapaan akrab Reydonnyzar- tahap dan jadwal pileg dan pilpres sudah diketahui. Pemungutan suara pileg akan digelar pada 9 April 2014, sedangkan pilpres akan digelar pada 9 Juli 2014.

Sesuai dengan aturan PP tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah, tidak boleh ada pilkada yang digelar enam bulan sebelum tahap pemungutan suara pileg dan pilpres.

JAKARTA - Keputusan krusial diambil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal pelaksanaan pilkada di sejumlah wilayah. Mengantisipasi terganggunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News