Mendikbud Pastikan Soal Unas Aman

Mendikbud Pastikan Soal Unas Aman
Mendikbud Pastikan Soal Unas Aman

jpnn.com - SURABAYA - Mendikbud M. Nuh langsung merespons kabar peredaran kunci jawaban soal ujian nasional (unas) di Surabaya. Kemarin (5/4) mantan rektor ITS itu melihat langsung tempat penyimpanan naskah unas di Polrestabes Surabaya. Hasilnya, ruangan khusus tersebut masih tersegel dengan rapi.

Pengecekan itu dilakukan mendadak. Nuh ditemani Wakapolda Jatim Brigjen Pol Suprodjo W.S. Saat melihat ruang penyimpanan soal unas. Rombongan tersebut hanya melihat pintu yang masih tersegel.

“Terhadap kabar yang berkembang yang mengatakan bahwa unas bocor, setiap tahun memang selalu ada. Kami akan mencari tahu dulu yang bocor itu soal ataukah jawabannya. Sebab, kebanyakan yang bocor itu jawabannya, bukan soalnya,” ujar M. Nuh setelah melakukan sidak di polrestabes.

Namun, hal tersebut telah diantisipasi dengan membuat 20 tipe soal yang berbeda dalam satu ruangan. “Sehingga kecil kemungkinan jawaban yang telah beredar itu benar,” imbuhnya.

Karena itu, Mendikbud datang untuk memastikan bahwa naskah tersebut telah diamankan dan pengamannya sudah dilakukan sesuai standard operating procedure (SOP). “Dalam melakukan pengamanan, kami pun melibatkan berbagai pihak. Seperti kepolisian, perwakilan dinas, dan perguruan tinggi,” ujarnya.

Kegiatan pengamanan dilakukan mulai dari percetakan, pendistribusian ke kabupaten kota, hingga ke masing-masing rayon. “Ketiga pihak tersebutlah yang selalu mendampingi,” terang menteri yang baru saja mantu itu.

Bentuk pengamanan lainnya adalah mengunci ruang penyimpanan naskah dengan menggunakan tiga macam gembok dan kunci yang berbeda. Setiap kelompok yang mendampingi pengawalan soal unas membawa satu kunci. “Ini memastikan bahwa kami memang mengawal jalannya unas dengan serius serta menjaganya agar tetap lancar,” ungkapnya.

Menurut dia, sidak dan pengecekan seperti yang dilakukan di Polrestabes Surabaya juga akan dilakukan di berbagai tempat lain sampai menjelang H-2 pelaksanaan unas. “Siapa juga yang berani ambil (soal unas, Red). Kan dijaga! Kecuali setan atau jin yang bisa menyelinap,” jelasnya sambil tertawa.

SURABAYA - Mendikbud M. Nuh langsung merespons kabar peredaran kunci jawaban soal ujian nasional (unas) di Surabaya. Kemarin (5/4) mantan rektor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News