Mendiknas Dorong Universitas Kelas Dunia

Mendiknas Dorong Universitas Kelas Dunia
Mendiknas Dorong Universitas Kelas Dunia
JAKARTA - Menteri pendidikan nasional (mendiknas) Bambang Sudibyo mendorong agar PTN/PTS di  seluruh Indonesia berlomba-lomba meningkatkan kualitas pendidikannya. Dengan demikian, PTN/PTS diharapkan segera naik statusnya menjadi world class university atau universitas kelas dunia.

     

Mendiknas berharap, setidaknya PTS juga masuk dalam jajaran 200 PT terbaik Asia. "Saya betul-betul menginginkan agar PTS dan PTM ketularan menjadi world class university. Karena itu bukan sesuatu hal yang mustahil," ujarnya. "Mendiknas menyebut, ada tiga kunci menjadi PT kelas dunia. Pertama, kata Mendiknas, adalah keberhasilan merekrut SDM terbaik. Seperti, dosen, mahasiswa, maupun karyawan. Menurut Mendiknas, dosen yang baik akan menghasilkan mahasiswa terbaik. "Bahkan sampai karyawannya pun dapat yang terbaik. Mereka bisa dibangun dan dikembangkan melalui pendidikan," kata Bambang.

     

Kedua, lanjut Mendiknas, kemampuan PT menghimpun dana dengan sukses. Semakin bagus cash flow perguruan tinggi yang bersangkutan, PTN/PTS akan mampu meningkatkan mutunya. Ketiga, adalah tata kelola yang baik. Dengan tata kelola yang baik, kata Mendiknas, manajemen bisa dilakukan secara profesional, efektif, dan efisien. "Kepemimpinan juga bisa dilaksanakan dengan baik. Kebocoran-kebocoran juga minimal. Sehingga sumber daya atau resources yang dimiliki itu betul-betul bisa dimanfaatkan untuk pelayanan pendidikan? yang terbaik, " terangnya.

     

Mendiknas menjelaskan, sejak 2005 pemerintah konsisten mengalokasikan anggaran beasiswa bagi dosen. Entah itu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang master (S2) dan doktor (S3) di dalam maupun di luar negeri. Yaitu, pemberian beasiswa bagi  4.000 dosen di dalam negeri dan 2.000 untuk ke luar negeri. "Beasiswa itu dibuka untuk semua PT baik negeri maupun swasta," ungkapnya.

     

JAKARTA - Menteri pendidikan nasional (mendiknas) Bambang Sudibyo mendorong agar PTN/PTS di  seluruh Indonesia berlomba-lomba meningkatkan kualitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News