Mengajak Warga Berbuat tanpa Diawasi Satpol PP

Mengajak Warga Berbuat tanpa Diawasi Satpol PP
Rommy, “anak kampung” Jakarta, co-founder akun dan penggagas gerakan @betterJKT. JPNN.com

jpnn.com - BELUM sebulan, akun twitter @betterJKT diikuti ribuan orang. Ajakannya untuk menjadikan Jakarta menjadi lebih baik tampaknya lekas memikat twitizen Jakarta. JPNN mewawancarai Rommy, “anak kampung” Jakarta, co-founder akun dan penggagas gerakan tersebut.

Pria kelahiran 9 Februari 32 tahun lalu dan besar Kampung Cilungup, Duren Sawit, Jakarta timur ini banyak memetik pelajaran dari kesempatannya hidup selama sembilan tahun di negara lain.


1. Kalau dilihat dari kicauan pertama, ini baru kita-kira 17 hari yang lalu. Sejak kapan gagasan gerakan ini muncul sebenarnya?

Gagasan mengenai #betterjkt bermula sudah sejak lama sebelum saya berniat mencalonkan diri di pentas pemilu Indonesia. Ketika saya berencana kembali pulang ke Jakarta setelah merantau ke negeri orang, banyak hal-hal positif yang saya lihat akan sangat cocok untuk diterapkan bagi warga Jakarta untuk ke arah Jakarta yg lebih baik.

Pada saat saya resmi ditetapkan KPU menjadi calon anggota legislatif DPD (non-partai) untuk pemilu 2014, maka saya berinsiatif membuat gerakan #betterjkt sebagai salah satu program yang dibentuk karena kecintaaan saya terhadap kota Jakarta.  Kota inilah masa awal pembentukan saya sebagai pribadi, sebagai bagian dari keluarga, serta sebagai bagian dari masyarakat Indonesia.  Juga sebagai media untuk menyosialisasikan persoalan budaya atau kebiasaan bagus yang saya lihat di luar negeri yang cocok untuk Jakarta yang lebih baik.

Hal mengenai kehidupan di luar negeri bukan berarti menyatakan Negara lain selalu lebih baik dari kita, namun dalam rangka perbaikan supaya Negara kita khususnya Jakarta sebagai ibukota menjadi lebih baik lagi.

Lalu saya berdiskusi dengan sahabat saya Willy Jonathan yang juga peduli terhadap berkehidupan yang layak di ibukota,  lalu kita sepakat untuk mengaktifkan gerakan yang dimulai melalu media sosial ini untuk dijadikan gerakan sosial bersama demi cita-cita kita sebagai warga Jakarta agar bisa hidup dan tinggal yang layak.

2. Taman kota, tolak mal baru, inisiatif warga menjaga kebersihan kota, mencegah terulangnya bencana banjir. Kami perhatikan ini jadi perhatian @betterJKT.  Ke arah mana saja kepedulian gerakan ini diarahkan?

BELUM sebulan, akun twitter @betterJKT diikuti ribuan orang. Ajakannya untuk menjadikan Jakarta menjadi lebih baik tampaknya lekas memikat twitizen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News