Mengapa Orang Berguling ke Kanan atau ke Kiri Saat Tidur?

Mengapa Orang Berguling ke Kanan atau ke Kiri Saat Tidur?
Mengapa Orang Berguling ke Kanan atau ke Kiri Saat Tidur?

jpnn.com - SAAT tidur, tidak semua orang pendiam. Beberapa orang ada yang tampak kurang tenang dalam tidurnya, sehingga berguling ke kanan ataupun ke kiri tanpa disadarinya. Apa alasannya seseorang berguling ke kanan atau ke kiri dalam tidurnya?

Berguling saat tidur memang tampaknya seperti sesuatu yang remeh. Namun sepertinya hanya sedikit yang tahu bahwa gerakan berguling merupakan gerakan dasar manusia.

Dr. Harriet Hiscock, seorang pakar tidur anak di Royal Children's Hospital Melbourne mengatakan, bayi mulai berguling saat usianya empat bulan.

Sebelumnya, mereka belum mampu melakukannya karena belum cukup kuat dan belum mampu mengkoordinasikan anggota-anggota tubuhnya satu sama lain dengan baik.

Menurutnya, berguling adalah tonggak perkembangan. Sebab dengan aktivitas itu, bayi akan mulai belajar untuk melakukan aktivitas lainnya, yakni merangkak. Dia berpendapat bahwa berguling pada saat tidur pada anak-anak maupun orang dewasa berhubungan dengan masalah kenyamanan.

"Jika anda hanya berbaring di posisi yang sama sepanjang malam, anda mungkin bisa menderita kaku sendi dan memiliki masalah dengan kulit," kata Dr. Hischock, seperti dilansir laman ABC.net.au, Selasa (6/5).

Terkait pendapat itu, Dr. Peter Roessler dari Australian and New Zealand College of Anaesthetists, menyatakan persetujuannya. Dia mengatakan bahwa bergerak pada saat tidur merupakan mekanisme perlindungan untuk mencegah masalah akibat tekanan yang berkepanjangan, misalnya berkurangnya aliran darah ke bagian-bagian tertentu.

Karena itulah ketika ada pasien yang lumpuh dalam waktu lama, maka perlu dilatih bergerak untuk mencegah adanya luka tekanan.

SAAT tidur, tidak semua orang pendiam. Beberapa orang ada yang tampak kurang tenang dalam tidurnya, sehingga berguling ke kanan ataupun ke kiri tanpa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News