Menguji Mesin Politik Partai

Menguji Mesin Politik Partai
Menguji Mesin Politik Partai

JAKARTA-
-PT. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi Partai Demokrat, Golkar, dan PDIP yang masuk kategori partai papan dengan prediksi perolehan suara di atas 12 persen memiliki peluang yang sama untuk keluar sebagai pemenang pemilu legislatif. Kuncinya, ada pada empat variabel yang sangat menentukan.

Hasil survey LSI yang dilaksanakan 5 April lalu, menyebutkan variabel pertama adalah kemampuan mesin lokal partai memobilisasi caleg. Pasalnya, jumlah pemilih yang memilih caleg tanpa peduli apa partainya cukup signifikan. Angkanya mencapai 30 persen pemilih.

Yang kedua, kemampuan mesin politik untuk meminimalkan golput di basis masing-masing. Angka Golput oleh LSI diprediksi bisa mencapai kisaran 30 hingga 40 persen. Lebih tinggi dari golput pemilu 2004 yang hanya mencapai 25 persen. "Partai yang bisa meminimalkan Golput ini akan pasti bisa mendongkrak perolehan suaranya," tambah Direktur Eksekutif PT. LSI, Denny JA, di Cafe Resto Pisa Mahakam, Jakarta, 7 April.

Variabel ketiga, terkait citra partai sejak survei ini dilakukan. Baik Golkar PDIP maupun Demokrat, selayaknya bisa mempertahankan atau paling tidak bisa menjaga citra yang sudah baik selama ini. Masa tenang yang saat ini berlangsung, bisa menjadi celah untuk saling memperburuk citra antarparpol. Termasuk melalui  black campaign.

JAKARTA--PT. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi Partai Demokrat, Golkar, dan PDIP yang masuk kategori partai papan dengan prediksi perolehan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News